Sabtu, 05 November 2011

Jangan Sampai Ada Daging yang Terbuang


Barang siapa yang memiliki kemampuan untuk berkurban tetapi tidak melakukannya, maka janganlah mendekati mushalla kami” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, dan Abu Hurairah)Berdasarkan hadits Nabi di atas, dapat kita simpulkan bahwa ibadah kurban merupakan ibadah wajib bagi setiap muslim yang mampu untuk melaksanakannya. Salah satu tujuan diadakannya ibadah kurban adalah untuk membantu para dhuafa dalam mencari nafkah hidupnya, dan agar mereka bisa menikmati daging yang sangat tidak biasa disantap oleh mereka.

Namun, saat ini tujuan kurban tersebut telah mulai melenceng. Hal ini dikarenakan masih banyakna kaum dhuafa di daerah pedesaan yang masih belum bisa mencicipi hasil dari hewan kurban tersebut. Pada saat ini, penyebaran hewan kurban banyak dilakukan di kota, dan dinikmati juga oleh orang kota. Padahal masih banyak mustahik (orang yang berhak menerima) yang masih sangat memerlukan terutama di daerah-daerah terpencil. Dalam menyebarkan hewan kurban, perlu taktik atau kiat-kiat khusus supaya hewan kurban bisa sampai pada orang yang benar-benar memerlukan.
Penyebaran hewan kurban harus benar-benar tepat dan tidak salah sasaran, jangan sampai terjadi orang yang tidak membutuhkan daging kurban tersebut menerimanya, dikarenakan belum tentu mereka makan. Padahal, mereka para dhuafa telah lama menantikan momen ini agar bisa memakan daging, walaupun hanya setahun sekali. (Abe)

    Artikel ini ditulis dengan menggunakan OpenOffice 3.2.0 pada Linux BlankOn Ombilin

Tidak ada komentar: