Minggu, 08 Mei 2011

Selama Disandera, Slamet Sembunyikan Makanan dari Perompak Somalia

Banyak cara yang dilakukan Kapten Kapal Sinar Kudus, Slamet agar tetap bisa bertahan selama disandera. Ia sering menyembunyikan makanan dari perompak Somalia agar anak buahnya bisa makan dengan cukup.

"Ini strategi saya. Mereka benar-benar ambil semua makanan kami. Yang paling mereka suka daging kambing dan bebek. Beruntung tidak suka sapi dan mie instan, jadi kami sering umpetin juga tuh daging sapi. Kadang daging kambing juga kami buat tidak enak bumbunya, jadi mereka tidak suka," ujar Kapten Kapal Sinar Kudus, Slamet kepada wartawan di kediamannya Perum Griya Kencana 2, Ciledug, Tangerang, Minggu, (8/5/2011).



Ditemani istrinya Isyam Yuni Astuti dia menceritakan, sering mengajak salat para ABK di dek kapal MV Sinar Kudus dan langsung disambut senyum perompak.

"Kami biasa salat berjamaah, seluruh ABK yang berjumlah 20 orang ikut. Kalau kita izin salat, mereka tersenyum. Mereka berkata, kita sama-sama muslim, saya sangat mengerti," ujar Slamet meniru perompak.

Salat yang kerap berjamaah adalah salat Magrib dan Isya. Hal ini salah satu yang membuat keselamatan dirinya dan para awak kapal itu karena sering menggelar salat berjamaah.

"Bahkan tidak jarang mereka (perompak) ikut salat," ujar Slamet.

"Dengan salat kita bisa menjaga mereka, agar mereka tidak melakukan kekerasan kepada kita. Ini benar-benar terjadi, tak satu pun dari kami yang dipukul," terangnya.


(asp/ape)

Detik.com

Tidak ada komentar: