Minggu, 05 Februari 2012

Tips Bermain Linux untuk Pemula

Bagi kalian yang baru memakai sistem operasi GNU-linux, aku punya sedikit tips untuk kalian. Semoga dapat bermanfaat dan membuat tambah semangat dalam belajar linux:

1. Pelajarilah apa itu sistem operasi Linux dan sejarah terciptanya
Pada dasarnya, yang sedang kita pelajari bukanlah Linuxnya saja, melainkan GNU/Linux atau bisa dikenal dengan GNU-Linux. Merupakan perpaduan antara GNU yang dibuat oleh Richard Matthew Stallman dengan Linux yang dibuat oleh Linus Torvald. Kalau yang kita pelajari hanya Linux saja, maka yang kita pelajari hanya kernel atau dasar sistem operasinya saja, tanpa aplikasi pelengkapnya yaitu GNU. Linux hanyalah ribuan baris kode yang membuat komputer bisa menyala, tetapi tidak bisa digunakan. Jadi, kalau yang dipelajari oleh kita cuma Linux saja, maka jangan harap bisa menggunakan komputer kita untuk mengetik, memainkan musik, ataupun berchatting ria dengan pacar :P


2. Kenali Siapa Pencipta GNU/Linux
Sekedar untuk diketahui oleh kalian, GNU merupakan ciptaan dari Richard Matthew Stallman, seorang pejuang kemerdekaan software yang berasal dari Massachusets Institute of Technology (MIT). Stallman lah yang membuat free software semakin mendunia dan sampai ke tangan kita. Stallman telah berhasil membuat para vendor propietary software menjadi geram.. ayee :P
Sedangkan Linux diciptakan oleh Linus Torvald, orang jenius yang berasal dari Finlandia. Pada awalnya, Linus menamai Source code-nya bukanlah Linux, melainkan Freax; tetapi karena pada waktu itu yang diketahui oleh banyak orang adalah Unix, maka Freax lebih sering disebut Linus Unix (Unix-nya Linus). Apa lah daya, akhirnya Linus pasrah dengan sebutan Linux bagi Source code-nya.

3. Pakailah Distro Sesuai dengan Keperluan
Distro? apa sih itu distro? distro merupakan nama pendek dari distribusi; merujuk pada kata distribusi GNU/Linux. Artinya, pilihlah jenis distribusi GNU/Linux sesuai dengan aktivitas kalian sehari-hari. Janganlah pernah memakai distro Backtrack kalau hanya untuk kegiatan mengetik saja, karena Backtrack adalah sistem operasinya para hacker, dan hacker kerjaannya adalah mengoprek sistem, bukan mengetik :P
Bagi kalian yang kesulitan dalam masalah sinyal, pilihlah linux yang sudah lengkap dengan aplikasi dan sudah terpasang codec multimedia. Untuk distro turunan Red Hat, bisa menggunakan Kororaa; dan untuk turunan Debian, bisa menggunakan Linux Mint versi DVD. Dua pilihan distro tersebut cocok sekali untuk pemula, sudah dilengkapi dengan paket office, dan aplikasi yang kita butuhkan dalam kegiatan sehari-hari.

4. Jangan pernah mendewakan Linux
Hal ini paling sering dilakukan oleh mereka yang baru menggunakan Linux. Bahkan, terkadang mereka saling mencaci maki terhadap pengguna OS lain, OS windows misalnya. kalau ada yang mengatakan hal yang negatif, mereka pasti akan mendoakan hal jelek -setidaknya mengejek balik- kepada si pengejek. Padahal sebenarnya mereka tidak tahu, kalau Linux hanyalah jutaan baris kode. Buat apa jutaan baris kode dibela bahkan didewakan, toh nyatanya mereka tidak tahu cara membuatnya. Ingat, Linux hanyalah kernel atau inti dari sistem operasi, dan yang dimaksud dengan sistem operasi yang kita gunakan adalah GNU-Linux.
Dan perlu kita ingat, masih banyak produsen atau perusahaan hardware dan software yang masih belum mendukung GNU-Linux. Contohnya hardware, tidak semua perusahaan modem mendukung GNU-Linux, masih banyak modem yang belum bisa berjalan baik di GNU-Linux (pengalaman pribadi dari penulis). Begitu juga dengan software, contohnya masih banyak game yang berjalan baik di Linux, contohnya game Point Blank, sudahkah game Point Blank berjalan di GNU-Linux? silahkan jawab sendiri.

Cukup segini aja dulu deh,,, kapan-kapan disambung lagi :-D

Tidak ada komentar: