Kamis, 22 Desember 2011

Saatnya Hacker Muda Unjuk Diri

Judul ini tidak mengajak kita utuk beramai-ramai untuk melakukan aksi hacking atau membobol suatu sistem. Tidak ada maksud dari itu semua.
Judul ini tidak mengajak kita untuk pamer hasil deface sistus web, melakukan serangan DDoS kepada musuh, bukan juga untuk membobol rekening bank. Judul ini hanya ingin mengajak kita untuk melihat fenomena yang ada dalam dunia bawah tanah (underground) saat ini. Saat ini dunia underground atau bisa juga disebut sebagai dunia cyber, sangat mengalami krisis, krisis etika. Saat ini, sudah sangat jarang hacker yang memakai etika yang menjadi pedoman para hacker. 



Apa maksud dari ini semua? 
Jawaban dari pertanyaan di atas sangatlah gampang. 
Semakin sempitnya tentang pemahaman dari definisi tentang hacker menjadi hambatan besar dalam membentuk masyarakat yang melek teknologi. Itu semua tidaklah lepas dari  perkembangan teknologi itu sendiri yang disalahgunakan, dunia perfilman misalnya. Film-film yang mempertontonkan aksi-aksi hacking komputer yang selalu memperlihatkan kalau hacker adalah pelaku kriminal. sementara sangat sedikit sekali pihak-pihak yang tegas menggambarkan kepada dunia bahwa Hacker adalah seorang "Pahlawan" dalam dunia komputer.
Akibat dari pencitraan yang salah tersebut, masyarakat umum semakin tegas menganggap bahwa hacker adalah pelaku kriminal, tak peduli dengan kenyataannya. Parahnya, semakin banyak anak muda yang ingin menjadi hebat dengan menjadi hacker. Dengan menjadi hacker, maka ia bisa menjadi kaya, bisa menyombongkan kemampuan dihadapan teman, bahkan ada yang sengaja menantang penegak hukum - sungguh pemahaman yang keliru. 
Padahal, hacker pertama kali lahir adalah sebagai perwujudan dari perlawanan rakyat underground terhadap ketidak adilan yang dibuat oleh pemerintah. Pada saat itu, hacker muncul karena rakyat underground merasa terkekang dengan peraturan yang sama sekali tidak ada artinya. Hacker muncul untuk menentang mereka yang menciptakan perang, menciptakan nuklir, dan menciptakan kekerasan dengan alasan untuk kedamaian dunia. Nah lho? sungguh sangat berbeda dengan fenomena sekarang.
Hacker adalah sosok yang mampu mengubah dunia dengan kecerdasan mereka, dengan berbagai inovasi teknologi informasi, agar dapat mewujudkan dunia masa depan yang didambakan oleh manusia selama ini.
Hacker adalah perwujudan dari kasih sayang Tuhan yang menjelma sebagai dewa, dewa teknologi. Hackerlah yang menjaga dunia cyber (dunia maya) dari kerakusan para penguasa.  Hackerlah yang menjaga dan mengerti tentang sistem komputer, serta merawatnya. Hacker adalah dewa yang mewujudkan mimpi manusia tentang dunia teknologi. Hacker adalah seseorang yang mengerti tentang dunia komputer yang memiliki hati nurani, sehingga dia diangkat menjadi dewa oleh Tuhan.

Generasi Muda dan Hacking Computer

Aku percaya, bahwa generasi muda adalah "agent of change", dan generasi muda adalah generasi yang akan membawa perubahan menuju kehidupan yang lebih baik. Generasi muda Indonesia memiliki kemampuan tersebut terlepas dari apapun bidang yang mereka tekuni dan cintai.
Begitu juga dalam dunia underground, generasi muda adalah agent of change yang akan membawa kemajuan dalam dunia mereka. Generasi muda adalah mereka yang masih dalam proses pengembangan diri menuju tingkatan hacker tertinggi, hacker elit. Mereka begitu rentan terjerumus ke jalan yang salah serta masih butuh banyak belajar dan bimbingan.


Lalu, bagaimana caranya?
Menjadi seorang hacker elit tidaklah sesulit yang selama ini kita bayangkan. Cara untuk menjadi hacker elit hanyalah dengan belajar, baik belajar sindiri, atau belajar bersama teman forum, grup di jejaring sosial, ataupun di irc. Mudah kan?
Menjadi seorang hacker (peretas) tingkat elit hanya butuh kesabaran, karena walaupun mudah, tapi waktu untuk mencapainya tidaklah sebentar. Selain dari itu semua, seorang peretas haruslah tetap menggunakan etika yang selama ini menjadi pedoman para hacker. Jika sudah rajin belajar dan tetap pada jalur etika, maka tingkatan hacker elit sudah di depan mata.

Mari meretas....

2 komentar:

outbound malang mengatakan...

apa g.h bhya jdi hacker

Anonim mengatakan...

Jangan sampai terpeleset di tengah jalan, ntr malahan jadi cracker... :)