Selasa, 22 Maret 2011

INDIGO CHILDREN - The Gifted Star, Crystal of the Future

Oleh Ks Arsana 
PENGANTAR

Rangkuman tulisan sederhana tentang Anak Indigo ini dibuat dengan tujuan untuk lebih mengenal, mengerti, memahami dan membantu bertumbuh-kembangnya secara optimal anak-anak Indigo, agar mereka dapat menjalankan misi kehidupan atas kelahiran mereka ke planet bumi ini.
Saya pribadi merasa bersyukur Tuhan menitipkan satu anak-Nya yang Indigo pada kami, anak itu kami beri nama Vidhy.
Dengan bakat alami supranatural yang ditunjukkannya, Vidhy adalah guru spiritual yang ditugaskan untuk membimbing kami bertumbuh lebih manusiawi.
Namun demikian, secara fisik Vidhy tetaplah seorang anak seperti anak-anak pada umumnya, yang membutuhkan arahan, didikan dan bimbingan serta limpahan kasih.


APA ITU INDIGO?

Indigo berasal dari bahasa Spanyol yang berarti nila, merupakan kombinasi warna biru dan ungu. Warna ini diidentifikasi melalui cakra tubuh yang memiliki spektrum warna pelangi, dari merah sampai ungu.
Warna nila (indigo) menempati urutan keenam pada spektrum warna pelangi maupun pada deretan vertikal cakra (dari bawah ke atas), dipancarkan dari cakra ajna anak-anak berbakat itu. Cakra ajna terletak di tengah dahi, antara kedua alis mata (lihat gambar, nomor 2 dari atas), yang mengindikasikan kemampuan intuisi dan psikis (intuition and psychic ability).
Cakra adalah energi kehidupan yang ada di dalam diri manusia (mikrokosmos) dan alam semesta (makrokosmos).  Fenomena alam yang kita sebut pelangi adalah cermin adanya cakra di alam semesta.

APA ITU ANAK INDIGO?

Anak Indigo adalah anak-anak generasi terkini yang lahir ke dunia, sebagian besar dari mereka usianya 14 tahun ke bawah. Karakteristik mereka sangat unik, yang membuat mereka berbeda dengan anak-anak generasi sebelumnya.
Anak Indigo pada umumnya sangat mandiri, tidak mau kompromi pada disiplin dan aturan, emosional, berbakat dan sering kali terberkati secara metafisik/supranatural. (Baca Karakteristik Anak Indigo).
Anak-anak Indigo memahami perbedaan yang sangat tipis antara dunia kasat dan dunia spiritual, dan mereka memiliki kemampuan untuk mengakses informasi dari dunia spiritual, yang orang lain tidak mampu.
Anak Indigo dilahirkan ke dunia dengan misi hidup tersendiri. (Baca: Apa Misi Anak Indigo?) Orangtua, pendidik, masyarakat diharapkan memahami keunikan Anak Indigo dan membantu mereka tumbuh optimal.

Anak Indigo lahir ke dunia ini menghadapi tantangan amat berat yang harus mereka atasi. Kepekaannya yang ekstrim seringkali sulit dipahami orang lain. Ketidak-kompromian-nya pada sistem dan disiplin membuat mereka melewati dengan sulit masa anak-anak, bahkan mungkin masa dewasanya. Namun sikapnya ini justru dapat membantu mewujudkan misi hidupnya, misalnya diubahnya sistem pendidikan.
Karakteristik Anak-anak Indigo mengisyaratkan agar orang-orang yang berinteraksi dengan mereka (para orangtua, pendidik) mengubah perlakuan, pengasuhan dan pendidikan  terhadap mereka guna mencapai keseimbangan, sehingga planet ini pun mencapai keseimbangan baru.

Istilah “anak indigo” atau indigo children merupakan istilah baru yang ditemukan konselor terkemuka di AS, Nancy Ann Tappe, yang kemudian didukung oleh banyak ahli kejiwaan (psikiater dan psikolog).
Anak Indigo juga disebut “Children of the Sun” atau “Millennium Children” oleh para ahli dari Amerika.

MENGAPA KINI BANYAK ANAK INDIGO?

Anak yang lahir setelah tahun 1992 besar kemungkinan Indigo.
Menurut Gary Zukave, “Sekarang kita sedang berada di tengah-tengah besarnya perubahan kesadaran manusia yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dan perubahan pada kesadaran umat manusia ini akan menata ulang apa yang akan dilakukan oleh manusia. Peristiwa besar itu bukanlah kemunculan Anak-anak Indigo, tetapi kelahiran sebuah Dunia Indigo, manusia berevolusi untuk menjadi lebih baik dan semakin menyerupai Tuhan.”
Maha Guru Ching Hai dalam ceramah di Panama pada tanggal 30 November 1989 mengatakan: ”Kita tengah berada dalam zaman yang sedang berubah... Zaman ini diperkirakan akan menjadi sebuah zaman yang sangat spiritual dan penuh dengan kedamaian bagi umat manusia. Bukan zamannya yang mempengaruhi kita, tetapi umat manusialah yang telah berkembang, dan kini sedang menyelesaikan lingkaran evolusi menelusuri puncaknya yang tertinggi. Ketika kita sampai pada puncak spiritual dan evolusi yang tertinggi, kita katakan kita berada pada Zaman Keemasan.” 

APA MISI ANAK INDIGO?

Anak Indigo pada umumnya memiliki kemampuan indra keenam (sixth sense) yang dibawa sejak lahir.
Dr. Tb. Erwin Kusuma, Sp.KJ, psikiater anak dan Tom Suhalim, ahli aura dan fengsui, menyatakan bahwa anak indigo adalah jiwa tua yang terlahir dalam tubuh anak-anak. Jiwa tua yang hadir dalam anak indigo merupakan bukti berlangsungnya hukum alam yang disebut reinkarnasi atau jiwa yang terlahir kembali.
Anak indigo datang ke dunia dengan berbagai misi, di antaranya adalah menyeimbangkan getaran bumi agar lebih lembutmendobrak suatu tatanan yang salah dalam kehidupan manusiamembantu agar manusia hidup lebih spiritual, harmonis dan damai. Karena tugasnya itu, mereka umumnya lahir dengan tipe bijaksana. Peran dalam menjalankan misinya pun beraneka ragam. Bisa lewat kesenian, pendidikan, ilmu pengetahuan, olahraga, bahkan menjadi paranormal. Semua itu tergantung misi mereka.

APAKAH ANAK ANDA INDIGO?

Untuk mengetahuinya, tanya diri Anda dengan pertanyaan-pertanyaan ini:

1. Apakah anak Anda lahir ke dunia “acting like royalty"?
2. Apakah anak Anda memiliki perasaan “deserving to be here"?
3. Apakah anak Anda “have an obvious sense of self"?
4. Apakah anak Anda mengalami kesulitan pada discipline and authority?
5. Apakah anak Anda menolak mengerjakan certain things they are told to do?
6. Is waiting in lines torture for your child? (tersiksa bila harus antri)
7. Apakah anak Anda frustrasi menghadapi sistem rutin yang hanya  sedikit membutuhkan kreativitas?
8. Apakah anak Anda menunjukkan cara yang lebih baik dalam mengerjakan sesuatu di rumah atau pun di sekolah?
9. Apakah anak Anda tidak berkompromi (nonconformist)?
10. Apakah anak Anda menolak merespon kesalahan (to respond to guilt trips)?
11. Apakah anak Anda mudah bosan pada tugas-tugas yang diberikan?
12. Apakah anak Anda menunjukkan gejala Attention Deficit Disorder (ADD)?
13. Apakah anak Anda kreatif?
14. Apakah anak Anda menunjukkan kemampuan intuisi?
15. Apakah anak Anda menunjukkan empati kuat pada orang lain?
16. Apakah anak Anda mengembangkan kemampuan berfikir abstrak lebih dini?
17. Apakah anak Anda sangat cerdas?
18. Apakah anak Anda sangat berbakat (seperti terberkati)?
19. Apakah anak Anda seperti pemimpi?
20. Apakah anak Anda memiliki tatapan mata tua, dalam dan bijak?
21. Apakah anak Anda menunjukkan kecerdasan spiritual? 

KARAKTERISTIK ANAK INDIGO
INDIGO CHILDREN
 - by Wendy H. Chapman
1. Mempunyai kesadaran diri yang tinggi, terhubung dengan sumber (Tuhan).
2. Mengerti jika dirinya layak untuk berada di dunia.
3. Mempunyai pengertian yang jelas akan dirinya.
4. Tidak nyaman dengan disiplin dan cara yang otoriter tanpa alasan yang jelas.
5. Menolak mengikuti aturan atau petunjuk.
6. Tidak sabaran dan tidak suka bila harus menunggu.
7. Frustrasi dengan sistem yang sifatnya ritual dan tidak kreatif.
8. Punya cara yang lebih baik dalam menyelesaikan masalah, di rumah maupun sekolah.
9. Sebagian besar adalah orang yang menimbulkan rasa tidak nyaman.
10. Tidak bisa menerima hukuman yang tanpa alasan, selalu ingin alasan yang jelas.
11. Mudah bosan dengan tugas yang diberikan.
12. Kreatif.
13. Mudah teralihkan perhatiannya, bisa mengerjakan banyak hal bersamaan.
14. Menunjukan intuisi yang kuat.
15. Punya empati yang kuat terhadap sesama, atau tidak punya empati sama sekali.
16. Sangat berbakat dan rata-rata sangat pintar.
17. Saat kecil sering diidentifikasi menderita ADD (Attention Deficit Disorder = susah konsentrasi) / ADHD (Attention Deficit and Hyperactive Disorder = hiperaktif), namun dapat fokus bila ia menghendakinya.
18. Berbakat dan mempunyai visi dan cita-cita yang kuat.
19. Pandangan mata mereka terlihat bijaksana, mendalam dan tua.
20. Mempunyai kesadaran spiritual atau mempunyai kemampuan psikis.
21. Mengekspresikan kemarahan dan mempunyai masalah dengan menahan amarah.
22. Membutuhkan dukungan untuk menemukan diri mereka.
23. Berada di dunia untuk merubah dunia – untuk membantu kita hidup dalam keharmonisan dan damai satu dengan yang lain dan meningkatkan getaran planet.

ANAK INDIGO DAN SISTEM PENDIDIKAN KITA

Sistem Pendidikan saat ini, dari Taman Kanak-kanak sampai Perguruan Tinggi, dapat dipastikan belum mampu memberikan pendidikan bagi Anak-anak Indigo.
Keunikan karakteristik Anak-anak Indigo, di antaranya ciri-ciri kemampuan spiritual bawaan dan sikap non-kompromistis terhadap segala sesuatu yang dinilainya bersifat pemaksaan, seperti disiplin dan aturan-aturan yang berlaku saat ini, menjadikan Anak-anak Indigo frustrasi dan membuat kreativitas yang dimilikinya tidak berkembang.
Dengan bakat alami yang dimilikinya, Anak-anak Indigo memiliki kemampuan yang unik dalam menyelesaikan masalah, baik di rumah maupun di sekolah.
Kemampuan Anak-anak Indigo mengakses informasi dari dunia spiritual, yang tidak dimilIiki oleh kebanyakan orang, dan sikap non-kompromistisnya pada aturan dan disiplin, justru dapat menjadi pemecahan masalah: mengubah sistem pendidikan agar mampu mendidik Anak-anak Indigo.

PERLAKUKAN BAGI ANAK INDIGO
Panduan Bagi Orangtua dan Guru (by Wendy H. Chapman)

• HARGAI mereka.
• Praktekkan KASIH TULUS (UNCONDITIONAL LOVE) pada mereka. Cintai mereka dan tunjukkan, apa pun bentuknya.
• Berilah PILIHAN.
• Beri mereka KEBEBASAN untuk berkembang, seimbangkan dengan PENGAWASAN dan KEAMANAN yang terbatas.
• Tetapkan BATAS untuk melindungi mereka, tapi bukan kesewenangan.
• Sebutkan ALASAN dan JELASKAN MENGAPA.
• Sedapat mungkin, BANTU MEREKA MEMBUAT ATURAN dan konsekuensi yang wajar dan pantas bila mereka melanggar aturan tersebut.
• Beri mereka PENJELASAN LENGKAP sesuai batas kemampuan pemahaman mereka. 
• JANGAN MERENDAHKAN mereka. 
• JANGAN BILANG ”IKUTI PERINTAH” atau “SUDAH SAYA BILANG” tanpa alasan yang jelas kepada mereka. 
• Bersikaplah JUJUR pada mereka. Sampaikan Kebenaran, dia akan tahu. 
• Hindari memberi perintah, kecuali MEMINTA KERJASAMA mereka menyelesaikan suatu tugas (misal, siap tepat waktu). 
• JANGAN coba-coba MEMANIPULASI mereka, tidak akan berguna. 
• JANGAN memakai RASA BERSALAH, TAKUT atau BENCI sebagai alat untuk mengendalikan mereka. 
• Bersikaplah ADIL.
• Bersikaplah KONSISTEN. Bila Anda berkata TIDAK, pastikan Anda punya alasan jelas. 
• JANGAN BANDINGKAN masa anak-anak Anda dengan mereka (waktu kita kecil mungkin kita jalan kaki ke sekolah pp)
• Berilah DUKUNGAN EMOSIONAL bagi mereka dan tujuan hidup mereka.
• DENGARKAN mereka.
• HARGAI HAK PRIBADI dan wilayah personal mereka.
• AJARI mereka untuk MENGHARGAI orang lain dengan tauladan dan contoh langsung. 
• AKUI bila Anda melakukan KESALAHAN.
• Sediakan waktu untuk BERMAIN dengan mereka.
• Jangan kerjakan sesuatu yang dia mampu lakukan, BERDAYAKAN MEREKA dengan cara MEMBIARKAN MEREKA MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN.
• BERI mereka TANGGUNG JAWAB di rumah dari beri PILIHAN tanggung jawab mana yang akan dipilihnya. 
• CATATLAH PERILAKU BAIK mereka dan sampaikan terima kasih.
• PAKAI PENGHARGAAN sebanyak mungkin ketimbang menerapkan hukuman. Hal ini membantunya mengurangi frustrasi. 
• LIBATKAN mereka dalam KEHIDUPAN ANDA. 
• HARGAI KEMAMPUAN PSIKIS yang dikembangkannya, sekali pun Anda tidak memahaminya. 
• BERIKAN PELATIHAN dan DUKUNGAN atas setiap bakat yang dimilikinya – baik bakat fisik maupun metafisik/supranatural. 
• HARGAILAH KELEBIHANNYA.
• BERILAH KEGIATAN KREATIF buat mereka.
• TERBUKALAH Anda untuk mau BELAJAR dari mereka.

10 TIPS PENGASUHAN ANAK INDIGO

1. BE HONEST
    Beri penjelasan se-lengkap mungkin untuk kecerdasan dan kematangan mereka.
2. DON'T MANIPULATE
    Jangan menjelaskan dengan membangun rasa bersalah, tidak berguna. (No guilt  trips. They don't work with Indigos).
3. SHOW THEM RESPECT
    Mereka cuma lebih kecil secara fisik, namun bisa jadi lebih bijak secara spirit. Jangan merendahkan mereka. Tunjukkan penghargaan.
    Perlakukan mereka sewajar mungkin. Bantu mereka membuat aturan berikut konsekuensi wajar pelanggarannya. 
4. EMPOWER THEM
    Biarkan mereka mengembangkan kemandirian dengan cara mengerjakan sesuatu yang mampu dia kerjakan. Biarkan mereka memilih
    pakaian pilihannya. Ajari mereka mandi sendiri.
5. RESPECT THEIR PSYCHIC SKILLS
    Bantu mereka mengembangkan karunia bakat supranaturalnya melalui praktek, pelatihan dan penghargaan.
6. TEACH THEM ENERGY SHIELDING and GROUNDING SKILLS
    Anak Indigo secara emosi sangat sensitif. Suasana hatinya mudah sekali terpengaruh oleh suasana hati orang-orang di sekitarnya.
    Pelatihan dalam teknik pengelolaan energi (energy healing) akan membantunya. 
7. TEACH THEM RELAXATION SKILLS and MEDITATION
     Keterampilan relaksasi dan meditasi akan membantu mereka lebih mampu mengatasi hidup, membuat keseimbangan, dan terhubung
     dengan Sang Pencipta. 
8. RESPECT THEIR EMOTIONAL AND PHYSICAL SENSITIVITY
    Kepekaan emosi dan fisiknya seringkali ekstrim dan tidak wajar, namun hal itu BUKANLAH main-main dan mereka memang membutuhkan
    pengertian Anda. 
9. FIND ALTERNATE THERAPY FOR ADD AND OTHER DIFFABILITIES
    Jangan beri mereka obat-obatan untuk ADD seperti Ritalin. Cari alternatif seperti suplemen nutrisi, ekstrak sari bunga, untuk memodifikasi
    perilaku mereka. 
10. HELP THEM DEVELOP AWARENESS OF THEIR INDIGO NATURE AND THEIR MISSION IN LIFE
     Anak Indigo dilahirkan dengan suatu alasan. Mereka memiliki karakteristik perilaku yang unik dalam rangka memperbaiki keseimbangan
     energi kehidupan di planet bumi ini. Dalam perjalanannya, dengan keunikan karakteristiknya, mereka mungkin menghadapi kesulitan-
     kesulitan atas kondisi dunia yang ada saat ini. Bantulah mereka menjalankan misi hidupnya.

ADAKAH INDIGO DEWASA?

Ya, ada. Salah satu contoh Indigo Dewasa, seorang yang lahir di Jerman pada 14 Maret 1879, anak itu bernama Albert Einstein. 
Albert Einstein

REFERENSI
Bacaan:
•<span>http://www.indigoindonesia.com/</span><span> </span>
•<span>www.starchild.co.za/what.html</span><span> </span>
•<span> </span><span>www.mail-archive.com/psikologi...com/msg00170.html</span><span> </span>

Video:




Tidak ada komentar: