Selasa, 29 April 2014

Pemanfaatan Chat Group untuk Menyebarkan Informasi Bagi Para Guru

Penyebaran informasi berlangsung cepat, segala informasi di belahan dunia manapun dapat diperoleh dalam sekejap. Informasi yang tadinya sulit diperoleh, saat ini sudah bukan sesuatu yang sulit lagi. Penyebaran informasi yang cepat juga sangat bermanfaat bagi para guru dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satu contoh pemanfaatan teknologi bagi para guru dalam penyebaran informasi chat group dalam aplikasi WhatsApp.

Beberapa manfaat dari penggunaan WhatsApp dalam penyebaran informasi antara lain WhatsApp memungkinkan para guru untuk berbagi konten berupa gambar, audio, video, lokasi, kontak, dan lokasi kepada 50 rekan guru dalam chat group.


Tidak seperti BBM yang hanya bisa dipasang di Blackberry, Android, dan Apple iOS, WhatsApp juga bisa dipasang di symbian dan windows phone. Hal ini sangat menguntungkan bagi para guru untuk lebih leluasa memilih handphone yang akan dipasang WhatsApp.

Dengan menggunakan chat group, para guru dapat lebih mudah untuk berbagi keluh kesah dalam mengajar atau informasi kepada guru lain hanya dalam satu kali mengirim pesan. Penyampaian informasi secara tertulis juga dapat bertahan lebih lama dibandingkan penyampaian secara lisan. Chat group memungkinkan kita mendapatkan lebih banyak umpan balik dari para guru saat kita mengutarakan suatu masalah.

Pada akhirnya, dengan adanya sarana penyebaran informasi yang mumpuni dan efisien, diharapkan para guru tidak ketinggalan informasi yang terjadi di sekolah.


Oleh:
Akbar Bahaulloh
Peminat Dunia Pendidikan

Tidak ada komentar: